Monday, June 24, 2013

Cara Install Font Arab Dan Aktifkan Keyboard Arabic Pada Windows

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Selamat Datangsebagai permulaan saya akan tunjukkan cara yang memperbolehkan penggunaan fungsi arabic pada komputer anda.
 Untuk menginstall font arab dan setting bahasa arab di Microsoft Windows Vista dan  Windows 7 lebih mudah jika dibandingkan proses penginstalan font arab di Microsoft Windows terdahulu (windows xp dan windows 98). Dengan beberapa langkah yang mudah, anda sudah dapat mengaktifkannya arabic keyboard.
dulu  pengaturan di Regional and Language Setting memerlukan CD Installer Widows 98/XP, maka kini di Windows Vista dan Windows 7  tidak diperlukan lagi CD Installer Windows.

Windows Vista dan Windows 7 memang sudah mempunyai fungsi berbagai bahasa, termasuk Arabic dan tidak memerlukan CD untuk melakukannya. dan hanya perlu diaktifkan agar dapat berfungsi ketika menggunakan software text seperti microsoft word atau microsoft publisher.


Cara Mengaktifkan (Enable) Font Bahasa Arab Di Windows
Berikut ini adalah cara dan langkah menginstall font arab dan setting bahasa arab di Windows Vista dan Windows 7 ;

1. Buka Control Panel, Cari bagian  Clock, Language and Region, klik -  Change keyboards or other input methods di bawahnya.
 



2. Pada menu window Region and Language, pilih bagian Keyboards and Languages dan Klik pada Change Keyboards.



3. Akan terbuka menu window Text Services and Input Languages, Pilih General dan Klik  Add.


4. Pada menu window Add Input Language, pilihlah bahasa arab yang ingin digunakan. Sebagai contoh, saya menggunakan Arabic (Saudi Arabia).

 
 5. Klik simbol +  pada Arabic (Saudi Arabia). Dan kilk lagi pada +  keyboard. Pilih Arabic (101) kemudian  klik OK.





6. Pada window Text Services and Input Languages ditunjukkan bahasa Arabic (Saudi Arabia) sudah ditambahkan (Arabic Enable) ke system windows. Klik OK. Maka selesailah sudah penginstallan kita….

 7. untuk memperbolehkan penggunaan font arabic, pada bahagian bawah kanan taskbar klik EN dan pilih AR Arabic (Saudi Arabia).

 


Jadi sekarang anda sudah boleh memulai menggunakan font arab..   Selamat Mencuba!!!
والسّلام

 By : Shafiqolbu

No comments:

Post a Comment