Wednesday, June 26, 2013

Cara Membuat Minyak Kelapa


cara membuat minyak kelapa
Kelapa merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di Negara tropis semacam Indonesia. Buah dengan air nikmat dan segar ini populer dijadikan pelepas dahaga. Selain airnya, daging buah kelapa juga banyak dimanfaatkan masyarakat. Salah satunya adalah untuk diolah menjadi minyak. Minyak kelapa boleh jadi merupakan salah satu warisan nenek moyang kita yang berharga. Tak hanya digunakan dalam bidang kuliner, minyak khas ini juga populer dalam dunia kecantikan dan pengobatan. Tradisi memanfaatkan minyak kelapa dalam kehidupan sehari-hari bahkan masih lestari sampai sekarang. Meski demikian, dalam industri kuliner, minyak kelapa memang seolah tergeser dari minyak sawit. Padahal dilansir dari berbagai sumber, minyak kelapa jauh lebih sehat ketimbang minyak sawit. Dan plusnya, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah Anda. Praktis dan hemat! Mau tahu cara membuat minyak kelapa? Silahkan simak uraian berikut ini.

Gunakan Kelapa Segar Dan Matang

Sebenarnya ada beragam metode yang biasa digunakan dalam membuat minyak kelapa, antara lain dengan fermentasi, pemanasan, pengolahan dingin, penyulingan dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda hendak meraciknya di rumah, pilih cara membuat minyak kelapa yang mudah saja misalnya dengan fermentasi dan atau pemanasan. Jika Anda membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, cobalah metode fermentasi berikut ini.
  • Pertama, pilih kelapa yang berkualitas agar hasil juga berkualitas. Kelapa yang matang dan masih segar adalah pilihan terbaik.
  • Kedua, bersihkan kelapa tersebut dan kemudian parut. Selanjutnya campur parutan dengan sedikit air matang dan kemudian peras.
  • Ketiga, hasil perasan parutan kelapa tersebut segera Anda simpan di dalam botol yang transparan. Diamkan selama kurang lebih 24 jam di ruangan dengan suhu yang berkisar di angka 32 derajat celcius. Proses penyimpanan ini akan membuat air dan minyak terpisah. Minyak akan mengambang dan air akan menetap pada dasar botol.
  • Keempat, saring minyak di dalam botol yang telah terpisah dengan air. Minyak kelapa ini biasanya berwarna kuning emas atau kuning pucat.
Metode Pemanasan

Jika Anda menginginkan minyak kelapa dalam jumlah yang lebih banyak, sebaiknya coba cara membuat minyak kelapa dengan metode pemanasan. Caranya cukup sederhana, simak berikut ini:
  • Pilih kelapa matang dan segar. Selanjutnya bersihkan dan parut. Kemudian campurkan dengan air bersih dan peras hingga diperoleh santan.
  • Kemudian, santan tadi dipanaskan di atas wajan dengan api sedang. Sambil dipanaskan, Anda harus terus menerus mengaduk santan hingga ia menjadi kental dan tebal.
  • Selanjutnya, dalam rentang waktu beberapa jam, minyak akan terlihat berpisah dengan zat lainnya yang ada di santan. Semakin Anda panaskan, air akan menguap dan meninggalkan minyak dan zat tertentu dalam wajan. Terus masak sampai Anda merasa cukup.
  • Terakhir, pisahkan minyak dari zat lain. Dan kemudian simpan minyak kelapa tersebut di dalam botol dan gunakan dalam keseharian Anda. 
Sebenarnya masih ada banyak cara membuat minyak kelapa lainnya. Namun untuk skala rumahan, kedua cara di atas cukup praktis serta tidak memakan biaya berlebih. Silahkan dicoba ya!

No comments:

Post a Comment